Diet...? No Way!
Monday, November 28, 2005


Ni' cerita tentang Ibu yang kalap ama makanan kalo lagi di Cirebon.
Padahal Ibu lagi getol2nya diet tuh...
tapi kalo udah di Cirebon... diet..? no way layau...

Kamis sore kita nyampe Cirebon.
Biasanya kalo nyampe Cirebon masih terang gini, Ibu langsung deh keluar rumah cari makanan. Tapi sekarang... udah ada Kei... jad
i nyampe rumah ampe malem seisi rumah asyik kukurentelan (ngumpul) aja sama Kei. Maklumlah...
Malemnya rombongan Bekasi (bude, pakde, lubna, ark
aan, tesi dan engkong) nyampe, tambah rame'lah rumah...

Ritual Ibu kalo di Cirebon baru mulai Jumat pagi.
Pagi2 udah dibangunin mo makan nasi jamblang "mang dul", Kei ikutan mo diperkenalkan... walah!
Nyampe rumah udah mulai sibuk nyiapin walimatussafar yg mo diadain abis Jum'atan.
Jam 11an eyang bandung dateng... nambah rame lagi he...

Kei udah mulai BT nih... soalnya rumah ram
e banyak tamu temen2 Nenek & Datuk (tua2 semua sich...)
Trus... Kei paling ngga suka rame... kecuali mall kale...
Acaranya kelar jam 4an, tamu2 pulang tru
s kita lanjut dengan ngobrol2...
Malemnya Nenek & Datuk keluar mo beli buah.
Aha... Ibu udah seneng tuh... Langsung deh Ibu bilang ke Nenek... "Ma, ntar pulangnya beli mie kocok ya..."
Mmmmm... yummy... kesampean juga makan mie kocok syuuups...


Sabtu pagi pas bangun tidur di meja udah tersedia serabi mmmm.... weanak dech... dicocol sama sambel
goreng bikinan Nenek.... nendang bo...
Ibu paling seneng kalo makan serabi dicocol sama sambel goreng.
Kelar makan serabi pakde udah ngajakin beli nasi lengko, tapi kali ini Ibu ngga ikut soalnya mendung banget jadi enaknya bobo... Nenek udah kesel ngeliat Ibu bobo " Kalo mo bobo ngga usah jauh2 ke Cirebon, ngapain ke Cirebon kalo mo bobo doank..." hiks kacian deh...
Laen dunk... bobo2 di cirebon...
"Ma, beliin lengkonya ya... plus sate kambingnya yg kering..."

Hore.... Nenek dateng...
Langsung deh... Ibu nyamber nasi lengko plus satenya... emang sich enakan makan ditempatnya dari pada dibawa pulang... tapi apa daya... ini juga udah wenak koq...
Lengko udah ngeganjel perut, Ibu masih nyomot "Pepes Dage" pake kerupuk melarat yang puedeshnya minta ampyuuuun...

Menjelang siang eyang2 dari bandung udah dijemput
travel. Pas kita2 masih ngumpul di teras, tukang tahu gejrot lewat...
Si bibi tahu gejrot ikutan nampang nich... lengkap dengan perlengkapan jualannya huhuy....
kelar makan tahu, rombongan Bekasi pamit mundur hiks.... ya... sepi deh....

Eh... di Cirebon ada minuman baru nich... TEH UPET...
Sebenernya teh ini udah lama buanget, dirumah selalu pake teh ini... Kayaknya cuma ada di Cirebon, trus sebelum ada teh botol sosro kita orang Cirebon taunya Teh Botol Upet. Nah... sekarang didepan sekolahan SD Ibu dulu suka ada tukang Teh Upet, kemasannya di gelas plastik dan dijual per gelas.
Segeeeerrrrr buanget....
Hari ini Ibu kesampean juga minum Teh Upet, sayangnya kalo di depan sekolahan cuma jualan hari sekolah adja sih... jadi kalo minggu mereka ngga jual hiks...


Semua udah pada pulang, tingggal rombongan Taman Ratu doank yang belum.
Ayah udah kecapean.... tidurlah ayah he....
Ibu ngga mau menyia
nyiakan waktu nih... mumpung ayah lagi bobo... Ibu minta anter Datuk ke Natasha mo facial.... (takut diomelin ayah tu.... "sempet-sempetnya blablabla....")
Kelar facial Ibu minta di jemput Datuk eh.... malah Ayah yg jemput hiks.... (kirain ayah masih
bobo...)
Jadi malu neh...

Nyampe rumah Kei ditinggal lagi.
Kali ini Ibu, Ayah, Datuk nga
nter Nenek ke Rumah Sakit mo operasi kecil...
Di jari telunjuk Nenek ada benjolan, tadinya sih ngga apa2...
Dua tahun yang lalu Nenek kejepit pintu trus luka dan ngga ke dokter, cuma pake batadine sama dibalut perban doank (nenek takut lukanya dijahit...).
Eh... sekarang Nenek ngerasa keganggu ama benjolan itu, dan ternyata kemaren dokter bilang itu tumor...
Dan... malam itu Nenek langsung di operasi.
Alhamdulillah... operasi berjalan dengan lancar, kira2 setengah jam Nenek udah keluar dari kamar operasi.

Pulang dari Rumah Sakit, Ibu mampir dulu di Kuning Ayu.
Ibu seneng banget makan di Kuning Ayu. Pokoknya kalo ke Cirebon kayaknya ngga afdol kalo ngga kemari. Kedai ini jual yamien, es
duren, dan es kopyornya yang TOP BGT...
Padahal biasanya kalo malem Ibu nggga ngemil lagi... lagi diet katanya....

Tapi sekarang... jangan tanya diet lagi ye....

Minggu pagi, Kei diajak Nenek jalan2 di sekitar rumah... Bertamu ke tetangga2 deket rumah gitchu... (duh.. kecil2 udah diajarin ngerumpi ke tatangga...).
Cirebon udah mendung, trus udah mulai dech gerimis turun...
Tapi hari ini hari terakhir kita di Cirebon, so biar gerimis tetep harus keluar rumah cari makanan khas.
Banyak makanan ya
ng dicoret dari list jajanan Ibu... Itupun harus dengan alasan yang tepat bo'...
Kayak Emapal Gentong "Mang Darma", soalnya di Bekasi anaknya "Mang Darma" udah buka kios di Kemang (asli lho... Ibu udah sempet interview bininya Mang Darma he...).

Akhirnya Kei, Ibu, Nenek, Datuk dan Icha keluar rumah juga.... (mumpung ayah bobo...)
Kenapa kalo pergi pas Ayah bobo...?

Soalnya Ibu ngga enak ati ama Ayah... nah... lho... (jajan mulu....)
Tujuan pertama makan bakso di dapan apotik di jalan kartini, baksonya enak... garing...bersih...
Kayaknya ngga bisa kelain hati deh...weleh...weleh...
Cuma Nenek dan Kei yang ngga makan, nenek lebih tertarik untuk milih sawo yang dijual di depan tukang bakso (inget mantu tuh...) Ayah seneng banget ama buah2an.
kelar makan bakso kita m
enuju "Shinta Manisan" beli oleh2 buat di rumah & kantor.
Lumayan lama disini soalnya Ibu sempet panik ngeliat cemilan dan harus disesuaikan dengan kapasitas mobil huahahaha.... kacian lagi...
Kelar belanja ol
eh2 didepan Shinta ada tukang Tahu Gejrot lagi... dan Ibu beli buat oleh2 tante2 di Jakarta.
Dan..... ketika Nenek sibuk milih mangga buat Ayah yang "GILA MANGGA"... Mata Ibu langs
ung tertuju pada tukang Es Duren.... alhasil Ibu beli es duren juga...
Biasanya di depan "Shinta Manisan" Ibu ngga pernah kelewat untuk beli "Pepes Dage" tapi berhubung jumat kemaren Nenek udah sempet beliin ya sutralah... Ibu ngga beli lagi...

Nyampe di rumah ternyata Ayah belum bangun juga (tau gitu perginya lebih lama lagi... ooopss...)
Di meja makan udah ada "Krupuk Sambel & Rujak Kucur".... ini favorit Ibu, biasanya Ibu beli di depan Yogya Grand Center tapi yang jualnya baru ada sore2an... Ibu sempet BT juga kayaknya ngga bisa men
ikmati "Krupuk Sambel & Rujak Kucur"... tapi ternyata... 'ceu een' tetangga belakang rumah sempet2nya ngebikinin makanan itu untuk Ibu... Thanks God....
"Krupuk
Sambel & Rujak Kucur" tuh... kerupuk melarat diatasnya dikasih kangkung dad toge baru deh diatasnya disiram sambel.... mmmm yummy... melek deh mata.... soalnya puedesh.... berasa dijambak rambutnya hi....
Kelar makan "Krupuk Sambel & Rujak Kucur"..... masih ada Es Duren yang ngga kalah yummynya....
So.... lanjut deh... si Ayah udah geleng2 kepala aja..... gubrak....

Perut Ibu masih penuh deh kayaknya.... tapi Nenek udah nyuruh makan karena Nenek udah bikinin cumi2 yang dimasak bareng tintanya jadi iteeeemmmm buanget tapi eunaaaaak buanget lho....
Kalo dimasak begini Ibu ngga bisa makan bikinan orang selain bikinan Nenek... lho... koq....

Kayaknya udah sore nich... kita harus cepet2 pulang, takut kemaleman di jalan nich...
Jam 13.30 kita pulang, kasian Nenek jadi sepi lagi deh.... hiks....
Abah Ipik ikuta
n kita nyampe Cikarang, soalnya mo mulai kerja lagi.
Nyampe jalan siliwangi Ibu masih mampir ke
La Palma untuk beli makaroni panggang yang lumayan rasanya dan murah harganya he.... dan ternyata makaroninya baru mateng. Asyiiikkkk enak dunks... makannya masih anget2...
Jaman SMP Ibu sering banget makan disini, soalnya La Palma tuh toko roti di depan sekolah Ibu.
Di La Palma dilengkapi juga tempat duduk untuk makan disitu, jadi.... dulu kalo ada uang jajan lebih disempet-sempetin dech mampir kesini... beli makaroni, cake cokelat plus teh botol... waduh... udah top banget tuh...

Kei kalo di jalan jarang banget rewel. Bobo mulu.... tapi pas nyampe Sukra dia mulai bangun dan kelaperan.
So berenti bentar untuk nyuapin Kei dulu, soalnya Kei lagi seneng makan dari pada minum susu nih.
Alhamdulillah... makannya habis dan Kei langsung bobo lagi.

Ibu udah puas dengan makanannya yang beraneka ragam dan... Kei cukup puas juga dengan menu hari ini kentang, brokoli, salmon dan keju he.... (jangan suruh Ibu makan itu ya Nak... weks....)
Kalo udah nemu tu menu... mo digangguin sedahsyat apapun dan serame apapun Kei sih tetep serius sama makanannya...
Wah photo disamping ngga keliatan ya... mulut Kei belepotan penuh dengan makanan...kurang jelas ye... di zoom aja he...


Kalo udah nyampe Cirebon, jangan nanya diet deh... sama Ibu.... Bakalan dicuekin abizzzz.....

Diet...? No Way...

Bulan depan Kei ikut ke Cirebon lagi ngga ya....??? nganterin Nenek dan Datuk berangkat....
Ikut dunks....




Keira Adzra Athayya smiled at 11:16 AM

4 comments:

Blogger emaknya iffah said...

Kei,bilang Ibu: Kalo jajan di Cerbon jangan maruk,kudu bagi2 sama Tante Ellen :))

4:11 PM

 
Blogger dennis said...

betapa bahagianya ibu mudik ke cirebon ya kei, kalo aja kamu gak ikut pasti ibu dah klayapan cari makanan kemana2....
mana foto makanannya dipajang2 sehala, bikin ngiler!

9:44 AM

 
Anonymous Febby said...

Kei, Tante kasih tau ya bagi Ibu itu diet always begun tomorrow --- jadi kagak pernah diet abis mulainya besok melulu sih hehehe

9:53 AM

 
Anonymous Anonymous said...

I have been looking for sites like this for a long time. Thank you! » » »

12:31 PM

 

Post a Comment

<< Home

Copyright © Kei and Mum, 2006.
Designed and made by Sherly Nie, 20 March 2006 @ Liverpool, United Kingdom.