Ke Malang & Syukurannya Kei
Thursday, July 13, 2006

Ke Malang

Yuhuuuu..... Ibu dateng...!!! Maap2 niy... baru ngeblog lage, soale kemaren dari senin ampe rabu Ibu site inspection di Malang. So... Kei ditinggal deh, tapi bersama kurcaci2 di rumah, ada Ka2 Lubna, Icha dan ada Nenek juga...wuihhh.. rame banged rumah.

Kangen???? banged dunk pastinya, lha wong 3 hari gituloh ngga ketemu si ulet centil ini.
Berhubung kesana utk gawe, jadinya ngga kemana2lah... tapi urusan makan pasti diutamakan duoooonkkkk.... walopun kurang puas bow! yg Ibu makan cuma rujak cingur (yg jual dah sepuh banged), rawon, soto daging, cwi mie, bakso kota cak man dan..... terakhir.... mampir di Toko Oen.

Ngomongin Toko Oen, tempatnya asik banged tempo doeloe... lidah juga dah bergoyang begitu liat halaman pertama menunya, dah napsu aja pengen pesen... tapi o'ow.. begitu buka halaman berikutnya...weks... koq ada "sapi pendek"... ya wislah diurungkan niatnya utk makan yang ada cuma makan ice creamnya yg yumyyyy.... dan kue2 kering semacam kaastengels dan turunannya he....

Oiya maap juga buat yang dah mampir kemari, soale diriku blom sempet berkunjung niy... disebabkan keadaan kantor yang lagi padat merayap...phew...
Insya Allah ntar kalo ada waktu, pasti aku maen2 ketetangga he...
Postingan dibawah juga harusnya tayang tanggal 10 July kemaren coz bertepatan dengan setaonnya xixixi...

*****************************
Syukurannya Kei (taon lalu)

Ngeliat photo waktu syukuran Kei taon lalu, tepatnya tanggal 10 July 2005...wuih... ngga kerasa ya... anaku dah gede dah ngga bebih lagi xixixi...

Syukuran 40 hari Kei diadain di Lampung, ini dah dipersiapin jauh2 hari...
emang lebih dari 40 hari coz dicari waktu liburan anak2 sekolah dan mengingat perjalanan Jakarta - Lampung juga, takutnya rewel di jalan.
Kenapa harus jauh2 ke Lampung???? Karna Ayahnya Kei orang Lampung... basi banged deh semua juga dah tau kale.... Alasannya ngga itu aja siy... berhubung Kei juga cucu pertama dari pihak Ayah dan selain Syukuran juga sekalian acara kasih Adok/Gelar ke Kei...
Acaranya dibikin simpel, emang sih s
eharusnya ribet banged sama seperti ribetnya acara nikah adat Ayah & Ibu di Kalianda dulu kali ye... Syukuran Kei juga seharusnya diadain di Kalianda kampungnya Ayah, tapi setelah melalui perundingan akhirnya diadain di rumah Pahoman Bandar Lampung.

Alhamdulillah sepanjang perjalanan Kei sama sekali ngga rewel... anteng aja seperti biasanya di rumah. Paling juga p**p dan untungnya di kapal he... jadi enak bersih2nya.
Kita mampir dulu ke Kalianda, rencananya sih cuma mo kasih kue buat Nenek & Datuk disana. Tapi apa yg terjadi.... tetangga2 dah pada ngumpul... rumah induk dah dibuka coz biasanya rumah induk ini dibuka klo ada acara doank... rapih dengan karpet2 dan makanan2 khas Kalianda plus tempat tidur buat Kei ditengahnya. Kei langsung digendong sama Nenek (Kakaknya Datuk) yang dah sepuh naek ke rumah induk.... trus ditidurin di tempat tidur bentar... trus digendong pake kaen semacam songket gitu... khas Kalianda. Kei dibawa ke depan rumah trus sawer deh... rame banged! banyak anak2 yang mungutin sawerannya eits... yg tua2 juga ikutan bow!

Kita semua pada bengong... bener2 ngga nyangka. Beginilah adat disini, mungkin karna Kei ngga jadi Syukuran disini... jadi mereka berinisiatif kasih acara sederhana buat nyambut Kei, yang penting ngikutin adat he...
Sayang ngga ada photonya, soalnya bener2 ngga nyangka banged, kaget dan terpesona ngeliat partisipasi mereka...hebad...hebad...

Nyampe di Pahoman juga dah disambut ama Nenek2 & Datuk2 yang dah pada siap menyambut kedatangan kita. Sampe malem tamu trus berdatangan. Nenek & Datuk diceritain kalo kita lama coz di Kalianda ngadain acara bentar mereka juga ngga tau. Datuk ngertilah... ya memang mereka disana pengen juga Kei Syukuran disana he...

Sabtu rumah dah heboh, pasang tenda di belakang dan depan rumah. Orang catering juga mulai pasang2 meja dan gubukan malemnya pohon telor dah dateng, pohon telor ini tradisi di Lampung kalo Syukuran 40 hari. Isinya telor rebus yang dihias dan digantung di bambu2 kecil dililit uang trus ditusukin ke batang pisang... jadilah pohon telor. Semua tamu yang dateng dibagiin telor ini sampe2 jadi rebutan juga. Liat photo dibawah deh *nunjuk2 kebawah* ada guci besar ditengah2 itu yg rame banyak rantingnya, nah itu dia salah satu pohon telornya he...















Minggu paginya acara dimulai... diawali dengan pengajian dulu trus Kei dibawa keliling 7 kali sama keluarga (lelaki2 selain Ayah) ngelilingin tamu2. Abis itu baru deh Kei dicukur sama Datuk2.... hasilnya shegy bow! *photo diatas*
Abis kelar dicukur baru deh Kei diturunin dari gendongan trus di kasih Adok/ Gelar yaitu "Radin Mas Ton" mungkin kedengerannya aneh ya... tapi Adok/Gelar itu indah loh... yang artinya "Raden Mas Intan", liat photo disamping deh...
Oiya selama dibawa keliling 7 kali itu Kei ngga boleh nangis dan ngga boleh tidur, kalo tidur & nangis orang tuanya kena denda lho... dan ternyata Kei anteng kedip2 ngga nangis... doski tau orang tuanya kagak punya duit bow! jadinya anteng deh dan ngga kena denda...horeyyyy. Trus Kei juga dipakein kalung turun temurun tuh... kalungnya kaku gitu, itu kalung dipake juga sama Datuk dan Ayah waktu mereka Syukuran 40 hari juga he... dah tua dunk tuh kalung xixixi...

Diatas ada sebagian photo2 hasil syukuran taon lalu..ups...Kei digendong raksasa yaks.... itu Ibu mani gede banged euy... lha emang sekarang dah kecil gitu???? sedikit lebih kecillah....:)

Alhamdulillah acaranya lancar... Waktu itu kita lumayan lama tinggal di Lampung, soale Ibu juga masih cuti jadi hampir sebulan kita tinggal disana. Pas dah dapet asisten baru deh kita pulang ke Jakarta.

Keira Adzra Athayya smiled at 9:33 AM

23 comments:

Blogger Bunda Raihan said...

bakso malang cak man?
itu keknya ada di plasa semanggi yah?

1:09 PM

 
Blogger Irma dan Anne said...

Mo nodong oleh2 nih yang baru pulang dari Malang :)

1:21 PM

 
Blogger Nunik said...

Gak nyangka yang yang setahun kemaren syukuran sekarang udah gede n udah pinter ngeceng di mall... Toko Oen.. glek.. enak tuh es krimnya ;)

1:56 PM

 
Blogger farrel's mom said...

Komen buat Malang:
Si ibu makan2 wae euy! Melar.com donk bu?!

Komen buat 40 harian Kei:

Wah klo gw ada disitu pasti ikut mungutin saweran and rebutan pohon teloy juga deh! Baru tau loh adat lampung spt itu! Seru yaaaaa….

4:02 PM

 
Blogger keluarga traa said...

wah, adatnya indah nian !! eh, kakakku ya tinggal di lampung juga loh. krn dpt wong lampung. hehehe. kl mudik ntar mo kesana juga, ke lampung tengok kakak.
marco jg pernah ke kalianda. niat banged. ngeliat gajah. disana dia masuk hutan pake sepedah, eh sepedahnay gembos pas mo balik. padahal sama penjaga hutan, dah diwanti2 jgn sampe kesorean, ntar bisa ketemu binatang macem2. hih. untung gak diserang ama beruang or sebangsanya. cuma disana dia disengat lintah, berdarah2 ampe celana jeansnya yg dilepas tuh bisa tegak ! krn dah kaku kena darah kering...

4:33 PM

 
Blogger Tiwi said...

meriah banget adatnya di Lampung!
Kei endut di poto *setahun yang lalu*, mamanya langsing. sekarang kebalikannya...*larrriiii*

5:48 PM

 
Blogger Marlina said...

Ternyata Truly kalo pas endut makin cantik lho. Bener! Kesimpulannya: nggak usah ngurusin badan! hehehe..

Aduh aku kangen Malang nih. Makan rujak cingur, pecel kawi, bakso stasiun..nyamm nyamm..

7:43 PM

 
Anonymous yanti said...

waaa.. rame & meriah banget ya acaranya. Naila dulu cuma aqiqah di Bandung doang, ngundang sodara2 deket (yg bener2 deket) sama rombongan pengajian RW :D

7:57 PM

 
Anonymous Rayna said...

Weleh-weleh upacara cukur rambut kei meriah banget ya..

11:03 PM

 
Blogger ema said...

huebaat eeuuyy..selametannya kei..kaya pesta hajatan:)rame pisan!!si kei dengan PDnya tuh tampang..mesem2..kayanya doi tau tuh bakalan diliatin bapak2 hehehhe..
makan bakso malang..mau dongggg??

4:12 AM

 
Blogger Mama Firza said...

wek's... ibunya kei nich klo kemana-mana gag pernah lepas dari yang namanya makanan.. bikin sirik ajah...

8:12 AM

 
Blogger Mama Zaza said...

huaaa....ke malang ya trul? meni ga mampir ih.. :P

wuih..acara 40 hariannya Kei seru banget ya?

9:10 AM

 
Blogger Shendy said...

gw pernah baca juga tuch toko oen di mjlh, keknya emang enyak2 ya..*sluuurp*

btw, syukuran kei heboh juga ya ck..ck..

9:24 AM

 
Anonymous debbie said...

halah! ribet bener acaranya....ckckckck...*geleng2 kepala* So kei itu raden mas inten? Hmmm....*manggut2 bingung*

11:36 AM

 
Blogger Wina said...

WUaah gw suka sekali sama Malang, surganya makanan, hawa sejuk juga indah laghee..

Mau oleh2nya...

btw itu syukurannya Kei besar2an yah Trul.. duh takjub nngeliatinnya

11:42 AM

 
Blogger Mamahoney said...

duh itu Kei kecil imut gitu lucu bgt pake baju bidadari

1:33 AM

 
Anonymous Anonymous said...

wah lengkap banget upacara adat aqiqahnya Kei. Mayan nambah info nih ttg adat lampung, untung ya Kei anteng ya Trul kalo ga kena denda brapa nih ibu ... :D

2:55 PM

 
Blogger Yulia said...

Kok tamu2xnya laki2x semua yak...Kei di sarang penyamun..huuussshhhh!!!..ixixixiii..

9:04 PM

 
Blogger ubikan said...

Trul, elo kyaknya dinas luar muluhh yahh, asyikk yahh kluar kota, tapi sayang harus ninggalin Kei.

Bdwe, si Kei bilang gak klok waktu dia masih beebi dia gak mo di-adatin soalnya rifett :P

4:49 AM

 
Anonymous astri said...

wah malang mah emang huenaaaaaak... :D dulu ke baso cak dulmanan yang di station, woeeeeh udah murah huenaknyaaaaa... :D

slametannya si kei gede-gedean juga yah... palagi ntar kalow dia nikah cubak.. hihihiy... :D

10:58 AM

 
Anonymous Anonymous said...

Hey what a great site keep up the work its excellent.
»

7:56 AM

 
Blogger M. Raul Yasin Widjayabrata said...

wah trul lo pake jilbab cuantikkkkk banget lho...sumpah...

11:26 AM

 
Anonymous Anonymous said...

best regards, nice info
» »

4:14 PM

 

Post a Comment

<< Home

Copyright © Kei and Mum, 2006.
Designed and made by Sherly Nie, 20 March 2006 @ Liverpool, United Kingdom.