Nikah Adat
Tuesday, August 01, 2006


Mo crita niy... tentang ribetnya nikah adat 2 taon lalu...phew...

Diawali dengan hari Kamisnya, pasutri baru *cie...*+ satu adik iparku *yg 2 laennya ngga bisa dateng coz msh pegawai baru xixixi...* menuju Kalianda neh....
Kayaknya cuma hari ini doank yang agak santai... selanjutny
a...gggrrrrrr....padat merayap
Awalnya gw masih tenang2 aja coz
gw beranggapan 3 hari tuh cuma teori pastinya gw msh bisa tidur malemnya *nyeneng2in hati*
Berhubung rumah induknya rumah panggung dan tuinggiiii... jadi kita bisa liat rumah2 tetangga, dan ternyata o'oww... semua tetangga ik
ut sibuk bow! Memang semua tetangga ikut berpartisiapasi apalagi acara ini terakhir kali diadain 32 taon yg lalu pas mertua nikah.

Jumat, 30 Juli 2004
Siap siap... siap siap... siapkan energi extra...*iklan fatigon banged* Tapi emang bener gw minum fatigon berhubung yg ada dipikiran gw cuma Primus...weks....
Pagi2 gw dah luluran dan "betangus" alias sauna tradisional ala Kalianda kali ye... jadi abis dilulur gw sarungan dimasukin kedalem tiker yg diberdiriin trus didalemnya ada panci guedddeeee yg isinya rebusan rempah2. Pas gw masuk langsung deh gw diharuskan ngaduk2 tuh ramuan.... dan keringet langsung bercucuran. Semaput dah.... laki gw juga ngelakuin "betangus" juga.

Malemnya disuruh dandan juga, gw pikir disuruh tidur...weks...
Tamu dah pada dateng... tamunya hari ini laki semua bow! Dari semua desa ngirimin perwakilannya 2 orang. Tapi malem ini suami2nya aja yg dateng. Sebelum salaman ama pengantin mereka diinterogasi dulu... maksud kedatangan mereka mo ngapain...:) ribet amat yaks...
Ada kejadian lucu banged... gw disengat tawon bow! persis dibelahan itutuh... kebayangkan. Eh tu tawon maen masuk tanpa hambatan dari langit2 menuju dadaku....nyyyiiiiiiitttt
yg ada ras nyutnyutan sambil menerima tamu para lelaki... dan sesepuh2 sibuk melakukan P3K:D
















Malem ini juga diadain acara "Muli Maran
ai" alias malam bujang gadis. Jadi semua bujang gadis perwakilan dari desanya dateng, tiap desa ngirimin 2 pasang muli maranai.
Dalam acara ini yang cewek pake baju kurung/kebaya & tapis sedangkan yang cowok harus memakai sarung/songket yang dililit dipinggang dengan panjang diatas lutut (menandakan bujang)+ kopiah, lha kalo dipakenya dibawah lutut jadi pertanyaan...coz yang pake di bawah lutut adalah bapak2 alias dah ngga bujang:)

Acaranya seru banged, jadi pa
ra muli (gadis) dan para bujang (maranai) dipisahin... dan mereka melakukan beberapa kegiatan yang intinya ngga jauh2 dari budaya sini, seperti membelah lontar trus berbalas pantun jugaloh... seru banged sampe ketawa2 bingung.... coz bahasanya ngga ngerti sama sekali, jadi cuma ikutan ketawa doank...gegegeggggg... acara ini berlangsung ampe menjelang pagi, kontan kita2 juga ngga tidur... paling cuma sejaman doank...zzzzz.....

Sabtu, 31 Juli 2004
Pagi2 dah siap2, acara pertama terima tamu yang isinya Ibu2 semua coz bapak2nya dah dateng semalemkan...???? Sama seperti bapak2 semalem, si Ibu2 juga diinterogasi loh... kebayangkan antriannya puanjaanggggg... dan si penganten pegel banged.
Pengantin dan orang tuanya diwajibkan memakai kostum putih dalam acara adat ini.

Ada yg ngga kalah unikloh... kain2 songket yang gw pake dah sepuh banged dah rapuh deh... trus siger/mahkotanya ngga begitu berat coz terbuat dari emas 24 karat. Gw dah takut dirampok aja niy... Oiya "betangus" kemaren juga dilakukan supaya nanti pake Siger-nya ngga berat, ternyata berhasil! Gw ngga berasa apa2... betah2 aja, apa emang doyan... lahhhhh kapan lagi gituloh...:)

Kelar acara itu penganten diarak keliling k
ampung tapi berhubung pengantennya berat jadi cuma di jalan rayanya aja xixixi... Pertamanya takut banged tapi koq lama2 jadi ketagihan:)
Abis arak2an trus kita dikasih Adok/Gelar. Gelarnya mertua laki turun ke swamiku, yaitu "Pangeran Kesuma Dewangga" trus gelarku "Ratu Rujungan" jangan tanya artinya yaks... gw mah nurut aja deh yang penting Abang sayang.... Mertuaku (cowok &
cewek) juga ganti Adok/Gelar.

Malemnya sama seperti malem kemaren, acara Muli Maranai masih berlanjut. Ditambah lagi pas tengah malemnya ada acara yg cuci2an, entahlah apa aja yg dicuci...ups... *bukan cuci pakean loh* buat laki gw. Yang ini juga lucu, gw pikir gw ikutan dalam acara ini eh ternyata laki gw doank... tau
gitu gw tidur bow! diriku cuma mendampingi aja.
Kali ini juga masih seperti malam kemaren, cuma ada waktu tidur seiprit...weks...

Minggu 1 Agustus 2004
Ini dia tanggal yang tertera diundangan sebagai hari resepsi pernikahan, padahal dah dari hari Jumat gw mengikuti ritual2 yg ribet xixixi....
Kalo hari ini acaranya dah biasa koq... sama seperti resepsi2 yg laennya, penganten duduk dan menerima tamu, salam2an dan makaaannnn...

Kali ini tanduk Ibu dah keluar... si Ibu keukeuh pengen melakukan pemotretan di pantai, soale penasaran bow! tiap kali liat majalah tentang perkawinan dan mengunjungi beberapa studio photo koq ya pemotretannya di Kalianda... sebagai orang baru Kalianda merasa tergerak hatinya untuk photo dunk...*geuleuh pisan bahasanya* Apalagi photographernya dah jauh2 dateng dari Bandung, karna gw merasa puas dengan hasilnya pas waktu kawinan di Cirebon akhirnya gw bela2in memboyongnya ke Kalianda...*niat amat mak*
Kebetulan salah satu kru-nya
sepupu gw, dan dia yg manas2in gw untuk bisa photo2 di pantai.

Mertua gw dah ketakutan banged, takut gw "kemasukan"... coz sepupu gw pernah ngalamin. Apalagi penganten gituloh... yg katanya masih wangi...:D Yang ada gw kemasukan makanan kaleeee....



















Hampir lupa niy.... acara adat ini dilengkapi juga dengan beberapa orang yg memakai tuping/topeng. Syeeerrrreeeemmmm.... katanya tuping ini-pun "diisi" jadi semua suaranya sama dan dia tidak merasa berat memakai kostum ini. Ada berbagai nama siy... tapi ini gw pajang salah satunya. Trus yang sebelahnya tuh... itu ornamen langit2.... gw takjub banget ngeliatnya, unik & dah tua juga umurnya.














Phew.... akhirnya selesai juga critanya, sorry banged ngga begitu detil yaks... soale gw juga cuma ngikutin doank... dan agak2 ngga focus coz disamping bahasanya ngga ngerti plus acaranya yg padet banged dan baru ngalamin... kalo adat Jawa-kan sering... bukan berarti gw sering kawinloh... tapi maksud gw sodara2kan banyak yg pake Jawa dan gw emang seneng aja menyimaknya secara gw emang seneng yang berbau2 adat xixixi...

Keira Adzra Athayya smiled at 9:29 AM

18 comments:

Blogger Irma dan Anne said...

si tawon emang gak tau diri pisan yah trul...si ayah aja belom sempet, malah tawon duluan...xixixi..*kaburrr...*

10:34 AM

 
Anonymous yanti said...

halah2 ribetnya Trul.. hihihi... tapi seneng kan, banyak pengalaman pesta adat ;)

12:57 PM

 
Blogger Mama Zaza said...

wihh... ribet juga ya mak acaranya? mana pake acara ada tawon mendarat darurat pula ya? hihihi.... :)

1:01 PM

 
Anonymous Manda nya Lovhana said...

setuju sama Irma.. kekkekekek :D

Ternyata adat nya ribed banget yak. Perasaan waktu merit udah ribet ternyata ada yang lebih ribed lagi..hehehe

1:01 PM

 
Blogger novira said...

Ciee..skrg Truly jadi punya gelar..trs siapa aja yg boleh manggil Truly, Ratu Rujungan??, walupun ribet tapi unik kan...gw setuju kan cukup sekali seumur hidup, jadi asik2 aja yah

6:11 PM

 
Blogger Nunik said...

Senang loh bisa ngelaksanakan ritual upacara adat warisan leluhur dan menjadi bagiannya itu memang sangat luar biasa pengalamannya :). Apalagi itu dulu dilaksanakannya 32 tahun yang lalu, pasti rame yak Trul ;).

9:08 AM

 
Blogger Mama Firza said...

weleh..weleh... perasaan ibunya kei niy pesta mulu deh, trus malam pertamanya ketunda gag tuch.. xixixi

9:11 AM

 
Anonymous debbie said...

oh...dikauw bergelar "Ratu Ranjungan" ???? Ranjungan itu bukan nya sejenis kepiting etah? *kabbbuuuuurrrrr*

9:23 AM

 
Blogger n3Li said...

udah kebayang pegel duluan bow! giljug yeeee acaranya, mana bahasa ga ngerti pulak!

1:45 PM

 
Blogger Mamahoney said...

wadooh seru bangets nih acaranya Trul, hihihi itu tawon jantan tuh pengen towel2.. tau saza ama cewe cakep

2:39 PM

 
Blogger farrel's mom said...

Jeng trul dokumentasi mu lengkap banged ya?! Seru-seruuuuu…Kei’nya mana? *binun*

1:03 PM

 
Blogger Nia said...

Ngebacanya aja udah kebayang capeknya apalagi dirimu yg menjalaninya. Hebat..hebat..

1:36 PM

 
Blogger Keira Adzra Athayya said...

#irma:
ayah mah udah atuh... kan itu 2 bln setelah akad xixixi...

#yanti:
seneng yan, pengalaman tak terlupakan:)

#mama zaza:
heueuh... ngerakeun pisan...weks..

#manda:
embeeeerrrr... ribed banged!

#novira:
Gw aja geli dengernya klo mudik ada yg panggil gw begitu... kacian banged yaks punya r*** kayak gw...xixixi...

#Nunik:
Banged... :)

#Diana:
Lu aja bingung apalagi ge yg ngelaksanain...rontok badan deh...
Ketunda siy... tapi cuma seminggu..:D

#debbie:
eit... ketangkep! ngga boleh ngabur! itu klo kluarga gw lagi nyela gw tuh... gggrrrr

#neli:
pegel ya nel... palagi gw...phew!

#mamahoney:
tawonnya ngga mo terbang, yg ada gw yg terbang dibilang "cewe cantik" ...wakakakak...*GR mode on*

#evan:
Heueuh.. Kei baru ngendon diperutku setelah pulang dari Kalianda... berhasil bow!

#nia:
berkat fatigon he... nyampe jakarta gw langsung tumbang!

2:23 PM

 
Blogger Tiwi said...

kayak dongeng sepuluhribu satu malem, pake disengat tawon segala hehe....
cantiknya nek dirimu, pantes Ayah kliyeng2.
bagus postingannya Trul, tambah wawasan lagi nih tentang upacara adat.

3:52 PM

 
Blogger Yulia said...

Iseng banged tawonnya yak Trul..ixixixixi..nyarinya tempat2x yg rawan lageee..wakaakakakaa..

Takut kemasukan? kemasukan angin iya kali Trul..mmmwakakakakaa..bagus eui tempatnya..temen gw tinggal di lampung setelah 25 taun ngendon di Londo..dia dah ngundang suruh dateng nginep en mo di ajak ke Kalianda itu loh..hmmmmm..bisa kemasukan juga gak ya gw?? atut aaahhh..ixixixixii..

5:16 PM

 
Blogger double K mom said...

telat niy,happy anniversary aja deh. emang perlu tradisi diteruskan dan pa lagi dipublikasn via blog. ;)

9:24 PM

 
Blogger Marlina said...

aih Truly ternyata dirimu adlh seorang ratu ya! aduh maapkan hamba yah kalo selama ini ngomongnya suka semaunya! ;)

Keren ya acara adatnya, pake mahkota dan diarak pula! cckk..ckk..kagum nih.

10:23 PM

 
Anonymous Anonymous said...

Very nice site! white 10 mg valium g Floor mats for desk chairs Megabux bingo fiat auto salon fiat czi zamienne Bmw enclosed motorcycle 1988 subaru xt gl 4wd fiat doblo indicator lights

4:49 AM

 

Post a Comment

<< Home

Copyright © Kei and Mum, 2006.
Designed and made by Sherly Nie, 20 March 2006 @ Liverpool, United Kingdom.